MUMTAZ
Tarbiyatul Aulad Mumtaz Majenang

Ucapan Yang Lebih Baik Daripada Selamat Jalan

Sebaiknya Mengatakan *FII AMANILLAH* daripada Selamat Jalan?

6,526

MUMTAZ.WEB.ID – Adakah ucapan yang lebih baik daripada selamat jalan, hati-hati, titidije,  dadah, see you, sampai jumpa, dan dalam Islam dan ternyata ada, FII AMANILLAH adalah perkataan yang lebih baik daripada perkataan lainnya.
Jika ada anggota keluarga kita yang akan pergi meninggalkan rumah untuk bekerja atau pergi ke suatu tempat, biasanya kita akan dengan refleks mengucapkan ” Selamat Jalan, GoodBye, see you, dadah, sampai jumpa, dan lain-lain”.
Ternyata dalam Bahasa Arab, ada kata yang sebanding bahkan jauh lebih baik artinya dibandingkan “Selamat Jalan”, Yaitu “FII AMANILLAH“.
Mengapa kita sebaiknya mengucapkan “Fii Amanillah” daripada “Hati-Hati” pada orang yang akan berpergian?
Islam menawarkan pengganti yang lebih baik bagi kita saat mengucapkan ketika akan berpisah, yaitu “Fii Amanillah” yang memiliki arti “Semoga Engkau” dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Artinya Kita juga sedang mendoakannya, agar ketika dalam perjalanan ia selalu dilindungi Allah Subhanahu wa Ta’Ala.
Perlindungan yang Allah Subhanahu wa Ta’Ala berikan pada hamba-Nya berupa perlindungan dari musibah, dari sakit atau hal buruk lainnya.
Islam menunjukkan budaya yang saling mencintai sesama muslim, berdo’a bagi keselamatan orang yang kita sayangi, tentu lebih tinggi nilainya dibandingkan hanya mengatakan “dadah, selamat jalan, see you, dan lainnya.”
Jawaban dari orang yang mengatakan/mendoakan kita dengan FII AMANILLAH adalah dengan mengucapkan ILAL LIQO yang artinya Sampai berjumpa lagi. Atau MA’ASSALAMAH FII AMANILLAH yang berarti Selamat jalan semoga dalam pemeliharaan Allah.

Baca Juga
Komentar
Loading...