MUMTAZ
Tarbiyatul Aulad Mumtaz Majenang

Artis Maupun Selebgram Mengapa Tidak Terkena Penyakit Ain?

30

MUMTAZ.web.id – Banyak selebritis dan orang terkenal yang memasang foto mereka dan foto anak-anak mereka namun tidak terkena ‘ain? Artis maupun Selebgram Mengapa Tidak Terkena penyakit Ain? Bagaimana penjelasannya?

Pertama, mengapa orang-orang yang tenar tidak kena ‘ain padahal mereka ada foto dan gambarnya dimana-mana? Maka qaddarallah, semua itu atas takdir Allah. Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

“Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal (QS. At Taubah: 51).

Kedua, Allah dan Rasul-Nya sudah tahu bahwa akan banyak orang yang meragukan adanya ‘ain. Karena ia perkara aneh dan merupakan sebab yang gaib. Oleh karena itu Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

العين حق، ولو كان شيء سابق القدر سبقته العين

“Ain itu benar-benar ada. Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu yang bisa” (HR. Muslim).

Maka, andaikan kita tidak melihat bukti adanya ain, andaikan kita melihat banyak orang tenar tapi tidak sakit karena ain, maka kita tetap beriman kepada sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bahwa ain itu benar ada.

Ketiga, para seleb dan artis tentu pernah sakit. Bisa jadi sakit yang pernah diderita para artis itu karena sebab ‘ain. Dalam suatu hadits disebutkan:

أكثرُ مَن يموت بعدَ قضاءِ اللهِ وقَدَرِهِ بالعينِ

“Sebab paling banyak yang menyebabkan kematian pada umatku setelah takdir Allah adalah ain” (HR. Ibnu Abi Ashim dalam As Sunnah, dihasankan oleh Al Albani).

Keempat, andaikan qaddarallah dari 1000 orang yang pasang foto dan gambar dimana-mana, hanya 1 yang kena ain, maka kita tentunya tidak berharap yang 1 itu kita atau anak kita. Maka mencegah hal-hal yang bisa menyebabkan ain itu lebih baik.

Wallahu a’lam.

Sumber: Artikel Kang Aswad
Komentar
Loading...